Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Prov. Kep. Bangka Belitung

Saring
  • Peningkatan Kompetensi Pustakawan Dalam Menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) Tahun 2015

    Association of South East Asian Nation (ASEAN) merupakan organisasi regional di kawasan asia tenggara yang hingga saat ini terdiri dari sebelas (11) negara, yaitu; Indonesia, Malaysia, Thailand, Philipina, Singapura, Laos, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam. Pada tahun 1997, disepakati ASEAN Vision 2020, yaitu mewujudkan kawasan yang stabil, makmur dan berdaya saing tinggi dengan pembangunan ekonomi yang merata yang ditandai dengan penurunan tingkat kemiskinan dan perbedaan sosial ekonomi. Lalu pada tahun 2003, disepakati tiga pilar untuk mewujudkan ASEAN Vision 2020 yang dipercepat menjadi 2015, yaitu:

    1. ASEAN Economic Community,
    2. ASEAN Politcal-Security Community,
    3. ASEAN Socio-Cultural Community

    ASEAN Economic Community (AEC) merupakan salah satu bentuk Free Trade Area (FTA) yaitu suatu kerja sama ekonomi regional di kawasan Asia Tenggara yang terintegrasi dengan harapan mampu memberikan akses yang lebih mudah pada perdagangan luar negeri. Negara-negara di ASEAN yang dikenal sebagai komoditi ekspor berbasis sumber daya alam terbesar di Asia juga menjadikan peluang dalam persaingan pasar produksi. Namun, jika pemerintah tidak melakukan analisis terhadap permasalahan tesebut, beberapa sektor industri akan mengalami titik kelemahan ketika FTA benar-benar diimplementasikan.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • Keterampilan Komunikasi Yang Efektif Sebagai Bentuk Pengembangan Potensi Diri Seorang Pustakawan

    Dalam lingkup perpustakaan, peran seorang pustakawan sangat besar pengaruhnya. Seorang pustakawan sebagai individu memiliki potensi diri yang dapat dikembangkan secara optimal. Pengembangan diri ini dapat terlaksana dengan baik apabila pustakawan itu mampu menjalin komunikasi yang efektif. Melalui berbagai media komunikasi, pustakawan dapat mengekspresikan diri, mempengaruhi orang lain, menjalin kerjasama, dan meningkatkan potensi diri. Dalam hal ini, pustakawan memiliki peran strategis karena pustakawan bergerak di bidang ilmu pengetahuan dan informasi. Bidang-bidang ini sangat diperlukan oleh profesi dan fungsional. Pustakawan adalah pelaku langsung kegiatan layanan, sehingga kualitas pustakawan akan berpengaruh pada kualitas layanan perpustakaan. Kualitas pustakawan ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain latar belakang pendidikan yang akan menentukan keahliannya, kepribadiannya, dan kemampuan berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi dalam hal ini komunikasi yang efektif sangat penting, karena dalam pekerjaannya pustakawan akan berhadapan langsung dengan para pengguna perpustakaan. Keterampilan pustakawan dalam melakukan komunikasi yang efektif akan menentukan keberhasilan pustakawan tersebut dalam melaksanakan tugasnya. Dengan adanya kemampuan komunikasi ini, seorang pustakawan akan mampu membangun konsep diri, mengaktualisasikan diri, memperoleh kebahagiaan, dan memupuk silaturrahim dengan sesama.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • BPAD Babel Gelar Lomba Pengelolaan Arsip Tahun 2014

    Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Prov. Kep. Bangka Belitung, menggelar lomba pengelolaan arsip Desa/Kelurahan, SKPD Kab/Kota dan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kab/Kota tingkat Provinsi. Tim juri dari Provinsi yang terdiri dari 3 orang, yaitu 1 orang dari Kasi Bina kelola kearsipan Ibu Nurmala Dewi, SE, MM. 2 orang arsiparis dari BPAD Bpk. Ekko, A.Md dan Ibu Mega Ardiana, A.Md, melakukan penilain pengelolaan arsip dengan langsung melihat kondisi pengelolaan arsip ke masing-masing Desa/Kelurahan, SKPD Kab/Kota dan LKD Kab/Kota dengan intrumen penilaian yang telah disiapkan.

    Setelah Tim juri Provinsi melakukan penilaian ke lapangan, kemudian BPAD melakukan penilaian dari segi persentasi dengan juri dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yaitu Bapak Sutar Winarmo. Persentasi dilakukan oleh masing-masing peserta yang diwakili oleh LKD Kab/Kota di Hotel Santika, hari Jumat, 21 November 2014 yang bertepatan pada hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ke-14 tahun.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • Pustakawan Babel Raih Peringkat Harapan I Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Se-Indonesia

    Setelah meraih juara 1 lomba pustakawan terbaik tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Prov. Kep. Bangka Belitung, Danuar, S.Sos. meraih penghargaan peringkat harapan 1 pemilihan pustakawan berprestasi terbaik se-Indonesia. Kita patut berbangga, karena baru kali Provinsi Kep. Bangka Belitung mengikuti ajang ini, tetapi sudah mampu menempati peringkat harapan 1 atau juara 4, ujar Sekretaris Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Prov. Kep. Bangka Belitung Ibu Rita Aryani, M.Si.

    Mewakili Provinsi Babel, Danuar, S.Sos. melaju ke tingkat nasional melawan 28 orang perwakilan dari provinsi lainnya (dari total 33 provinsi) minus empat provinsi yang tidak mengirimkan perwakilannya, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Papua Barat, Sulawesi Barat,  dan Kepulauan Riau. Para pustakawan yang ikut pemilihan di ajang paling bergengsi bidang kepustakawanan tersebut mewakili seluruh elemen perpustakaan yang telah menjadi juara 1 di provinsi masing-masing, mulai dari pustakawan perguruan tinggi negeri, swasta, perpustakaan umum, khusus, dan perpustakaan sekolah se-Indonesia.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

Anda disini: Beranda