Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Prov. Kep. Bangka Belitung

Pentingnya Pendidikan Pemakai di Perpustakaan

 

 

Perpustakaan merupakan salah satu pusat informasi dan sumber ilmu pengetahuan yang berperan sebagai penyebar informasi bagi lapisan masyarakat tanpa membeda-bedakan pemakainya. Dalam memanfaatkan sumber informasi, pemakai perpustakaan perlu mendapatkan pendidikan pemakai. Perpustakaan diharapkan mampu untuk mendidik pemakainya untuk tertib dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan semua koleksinya secara maksimal. Dengan demikian Perpustakaan akan berfungsi secara optimal apabila pemakainya dapat mengetahui dengan baik dan cepat dimana dan bagaimana cara menemukan sumber informasi yang mereka butuhkan. Hal inilah yang melatarbelakangi perlunya Pendidikan pemakai.

Pendidikan pemakai merupakan salah satu cara dalam memperkenalkan karateristik suatu perpustakaan. Pendidikan pemakai dirancang untuk mendidik pemakai agar mengetahui sumber-sumber informasi perpustakaan yang terdiri dari koleksi, fasilitas dan jasa perpustakaan, memanfaatkan sumber-sumber informasi secara tepat dan cepat serta menjadi pemakai yang tertib dan bertanggung jawab. Pendidikan pemakai merupakan program yang diselenggarakan oleh perpustakaan untuk memberikan bimbingan, petunjuk, maupun pendidikan kepada pemakai dalam memanfaatkan jasa informasi serta sarana perpustakaan, misalnya katalog, komputer, mikrofis, film mikro, maupun CD-ROM. Bentuk pendidikan pemakai antara lain dengan ceramah, pelatihan, orientasi, selebaran, diskusi dan lainnya. Pendidikan pemakai menurut Hazel Mews: “….instruction given to readers to help them make the best use of a library”. (Pendidikan Pemakai adalah instruksi yang diberikan kepada pemakai agar mereka dapat menggunakan perpustakaan dengan baik). Sedangkan Tujuan utama diadakannya kegiatan pendidikan pemakai perpustakaan adalah untuk memperkenalkan ke pemakai bahwa perpustakaan adalah suatu sistem yang didalamnya terdapat koleksi dan sumber informasi lain. Menurut Rahayuningsih (2005), ada bermacam-macam tujuan yang hendak dicapai, diantaranya adalah :

  1. Agar pemakai menggunakan perpustakaan secara efektif dan efisien.
  2. Agar pemakai dapat menggunakan sumber-sumber literatur dan dapat menemukan informasi yang relevan dengan masalah yang dihadapi.
  3. Memberi pengertian kepada pemakai akan tersedianya informasi di perpustakaan dalam bentuk tercetak atau tidak.
  4. Memperkenalkan kepada mahasiswa jenis-jenis koleksi dan ciri-cirinya.
  5. Memberikan latihan atau petunjuk dalam menggunakan perpustakaan dan sumber-sumber informasi agar pemakai mampu meneliti suatu masalah, menemukan materi yang relevan , mempelajari dan memecahkan masalah.
  6. Mengembangkan minat baca pemakainya
  7. Memperpendek jarak antara pustakawan dengan pemakainya

Penutup:

Pendidikan pemakai sangatlah perlu dilaksanakan mengingat beragamnya pemakai perpustakaan dan sumber informasi yang ada diperpustakaan. Pendidikan pemakai merupakan upaya dari pengoptimalan pendayagunaan perpustakaan. Dengan adanya Pendidikan pemakai dapat meningkatkan pemanfaatan fasilitas yang ada di sebuah perpustakaan.

 

Daftar Pustaka:

Mews, Hazel. 1972. Reader Instruction In Colleges And Universities. London : The Library Association.

Rahayuningsih, F. 2000. Mengkaji pentingnya pendidikan pemakai. Info Persadha Vol.3/No.2/Agustus 2005.

 

 

 

Anda disini: Beranda | Perpustakaan | Artikel | Pentingnya Pendidikan Pemakai di Perpustakaan