Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Prov. Kep. Bangka Belitung

KIRIM BUKU GRATIS ONGKIR SETIAP TANGGAL 17

 

 

Presiden Joko Widodo merespons aspirasi para aktivis minat baca di berbagai lokasi yang bersilaturahmi di Istana Negara pada bulan mei lalu. Agar harga buku menjadi murah di daerah pelosok, Jokowi menginstruksikan untuk menggratiskan ongkos kirim (ongkir) via Pos Indonesia untuk satu hari dalam sebulan.  Presiden menyadari bahwa ternyata mahalnya harga buku dikarenakan  bukan hanya disebabkan oleh harga buku tersebut tetapi juga dipengaruhi ongkirnya yang mahal. Karena itu presiden Jokowi langsung menelepon Menteri BUMN Rini Soemarno untuk menggratiskan ongkos kirim via PT Pos Indonesia. Perintah tersebut disetujui dan akan segera direalisasikan. Hal ini berkat masukan dari para pegiat literasi agar mengirim buku tidak terbebani biaya.

Berkenaan dengan berita tersebut, akhirnya Pemerintah benar-benar membuktikan janjinya untuk menggratiskan ongkos kirim (ongkir) buku di seluruh Indonesia melalui kantor pos. Perdana dilaksanakan pada bulan mei ditanggal 20, untuk selanjutnya pengiriman buku gratis ongkir tersebut akan berlaku setiap tanggal 17 dengan  Berat kiriman hingga 10 kg untuk sekali pengiriman. Pengiriman buku bebas ongkir  hanya bisa dilakukan di Kantorpos. Sedangkan Agenpos belum menyediakan layanan serupa.

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung gerakan budaya baca di Indonesia. Hal ini dapat mengatasai satu permasalahan minat baca di Indonesia. Walaupun tidak menjamin bahwa minat baca akan meningkat namun dengan adanya gratis ongkir ini dapat mengatasai permasalahan kesediaan bahan pustaka terutama di daerah-daerah terpencil.

Bagaimana syarat dan caranya? Berikut ini merupakan Syarat dan Cara Kirim Buku Gratis dari Kantor Pos:

  1. Berat per paket maksimal 10 kg. Bisa kirim lebih dari satu paket buku.
  2. Mencantumkan kata sandi BERGERAK

Hanya semudah itu maka kita bisa menikmati layanan kirim buku dengan gratis ongkir setiap bulannya. Bapak Presiden berharap melalui program penggratisan biaya pengiriman buku ini bisa memperlancar distribusi buku dari kota ke desa, khususnya ke daerah terpencil. Dengan demikian, keberadaan buku di penjuru Tanah Air diharapkan mampu meningkatkan minat baca anak-anak. Semoga harapan beliau dapat menjadi kenyataan ya, Amin.

 

DAFTAR PUSTAKA

Admin piol. “Kirim Buku Bebas Biaya Pengiriman Melalui Kantorpos”. Berita diakses pada

tanggal 19 Mei 2017 dari  http://www.posindonesia.co.id

 

Admin. “Syarat dan cara kirim buku gratis dari kantor pos”. Berita diakses pada tanggal 19 Juli

2017 dari https://duniaperpustakaan.com/

 

 

 

Anda disini: Beranda | Perpustakaan | Artikel | KIRIM BUKU GRATIS ONGKIR SETIAP TANGGAL 17